DISIPLIN TINNGI MENUJU PRESTASI PEMUNCAK

Minggu, 10 Oktober 2010

cara menggunakan komputer/laptop yang baik dan benar

Komputer memiliki prosedur yang harus kita perhatikan. Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan komputer dengan benar. Prosedur untuk mengaktifkan komputer dengan baik dan benar adalah:

* Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik.

* Hidupkan CPU (Central processing unit) dengan menekan tombol on atau power di casing.

* Hidupkan Monitor dengan menekan tombol on pada monitor.

* Tunggu hingga booting selesai, lalu akan muncul tampilan windows yang kita pergunakan. Prosedur untuk mematikan komputer dengan baik dan benar adalah:

* Klik tombol start yang berada pada taskbar.

* Lalu klik tombol Turn Off Computer.

* setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan yaitu : 1. Standbay, 2 Turn Off, 3.Restart.

* Nah anda pilih yang turn off.
Nah sedangkan laptop :
* Pemakaiannay jangan nonstop ,semua merek notebook itu cepat panas,oleh karena itu jangan terlalu dipakai maksimal seperti Pc ,disamping komponen notebook itu kecil-kecil dan tidak tahan terkena panas yang berlebihan ,juga kabel penghubung antara mainboard dengan keyboard adalah kabel tipis (persis seperti plastik) sebaiknya pemakaian notebooknya dicicil jam kerjanya misal jam kerja anda 8 jam/hari ,maka penggunaan notebook sebaiknya 4 jam pertama lalu notebook diistirahatkan ,kemudian setelah kurang lebih 1 jam ,baru bekerja kembali seperti biasa
* Hindari notebook dari minuman /peletakan minuman yang berdekatan dengan notebook anda,karena kalau notebook terkena air pasti langsung mati
* Jauhkan dari anak kecil(yang belum mengerti)
* Untuk buka tutup notebook: biasakan dari kedua sisi atau dari tengah,hindari buka tutup notebook dari sisi kanan saja atau sisi kiri saja,karena dapat menyebabkan salah satu engsel menopang beban terlebih dahulu ,sehingga jika kita seting membuka notebook dengan satu sisi saja maka akan membuat engsel menjadi rusak
* Menggunakan adaptor /charger :sebaiknya digulung melingkar asalkan kabel yang tersambung dengan badan adaptor itu tetap dalam keadaan lurus,adaptor biasanya rusak akibat salah gulung sehingga mengakibatkan kabel yang menghubungkan dengan badan adaptor itu menjadi rusak atau patah didalam
* Hindari penggunaan notebook beralaskan karpet/atau penggunaan diatas ranjang,ini bias menyebabkan panas notebook bisa 2 kali lipat lebih cepat ,sebaiknya penggunaan notebook di atas meja
* Penggunaan batterai notebook ,jangan sampai sudah terisi penuh masih terhubung ke listrik (overcharging )

======================================…

Tips perawatan komputer notebook produk Toshiba, secara garis besar perawatan dan penggunaannya hampir sama dengan perawatan komputer personal Desktop biasa, dimana perawatannya dibagi menjadi dua macam yaitu secara Hardware dan Software.

1. Hardware

Untuk perawatan hardware pada bagian luar notebook dapat dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kebutuhan anda. Kurangnya kebersihan dari bagian-bagian tertentu dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal bagi notebook anda.

Untuk Notebook apapun terutama type-type lama perlu diperhatikan kondisi Battery RTC/BIOS (bukan Battery Pack). Karena bila anda terlambat menggantinya dapat mengakibatkan kerusakkan total pada notebook anda. Hal ini sangat sering terjadi karena kurangnya informasi yang diperoleh oleh para pengguna komputer notebook.

Untuk menjaga kondisi notebook anda agar tetap baik disarankan menggunakan notebook tersebut setiap hari. Karena jika notebook anda tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan kerusakkan pada bagian Mainboardnya (suhu notebook menjadi lembab dan akan mengakibatkan korosi). Dianjurkan untuk menyalakan notebook anda minimal 1-2 jam setiap harinya.

Untuk penggunaan notebook diruangan yang memiliki pengatur suhu ruangan (AC) gunakanlah Notebook anda maksimal 7 – 8 jam (non-stop). Sedangkan bila ruangan anda tidak mimiliki pengatur suhu ruangan, usahakan penggunaannya tidak lebih dari 5 – 6 jam (non-stop).

Untuk anda yang mempunyai mobilitas yang tinggi dalam menggunakan notebook dari satu tempat ketempat lainnya diluar ruangan diharapkan untuk memahami Buku User Guide / panduan, khususnya di keterangan mengenai penggunaan battery (baca buku User Guide / Panduan sesuai dengan type notebook-nya). Hal ini dilakukan agar kinerja battery dapat bekerja secara optimal dan battery dapat bertahan lama. Namun secara umum cara penggunaan sumber daya listrik battery juga perlu diperhatikan. Yaitu jika anda menggunakan notebook didalam ruangan yang terdapat sumber daya listrik, disarankan jika Battery Pack notebook telah terisi penuh (lampu / leds keterangan Battery Pack berwarna hijau / biru – warna lampu tergantung type/model), segera lepas battery pack anda. Hal ini ditujukan untuk menjaga kelebihan daya yang mempengaruhi suhu pada battery pack anda. Bila perlu gunakanlah UPS (Uninterruptible Power Supply) sehingga bila terjadi listrik padam, maka komputer anda akan tetap dapat berfungsi. Memang sedikit merepotkan namun Battery notebook anda akan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama lagi (awet).

Untuk menjaga kebersihan bagian lainnya seperti pada celah / sela-sela tuts keyboard, gunakanlah kuas kecil (harus yang kering) dan untuk membersihkan bagian LCD (layar) gunakanlah tissue atau spon yang telah disemprotkan / dibasahi dengan Clear Glass & Multi Surface Cleaning yang sudah dicampurkan dengan air, kemudian usapkan secara horizontal atau vertical saja pada bagian LCD tersebut. Perlu diingat dalam pengerjaannya harap notebook dalam konsisi mati / off serta battery pack sebaiknya tidak dalam kondisi terpasang. Catatan penting; “jangan menyemprotkan cairan apapun kearah notebook komputer anda secara langsung.”


2. Software

Untuk perawatan secara software umumnya gunakan program utility yang ada pada paket program di notebooknya. Biasanya program tersebut berkaitan dengan kondisi harddrive dan program aplikasi yang terinstalasi pada system komputer anda. Contoh pada folder system tools. Program yang paling penting adalah Scandisk, disk defragmenter, dan disk cleanup (gunakan program ini secara berkala 1(satu) bulan sekali agar harddisk anda dapat berfungsi lebih baik dan tahan lama ). Ada juga program paket yang berfungsi untuk merawat kondisi komputer kita secara software yang umumnya berkaitan dengan kondisi harddrive dan program aplikasi yang terinstalasi pada system komputer kita.

Selain itu gunakan program anti virus yang menurut anda paling baik dari yang ada dipasaran, disarankan pergunakan software original (asli) sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda.


0 komentar:

Poskan Komentar


pangkalangrup
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More